Minggu, 26 Juli 2009

Segala Rupa Manusia Berkumpul

Dunia maya. Curahan hati sampai kopi darat. Banyak ide dan inspirasi, bisa menghasilkan uang.

Oleh : Deny M Yunus

Dua foto dari wajah yang sama seorang perempuan berkulit putih terpampang di sisi kiri banner sebuah blog. Di sisi kanan tertulis Chesya Rindu, menyembul dari latar berwarna merah dengan nuansa kuning, berbentuk melingkar meruncing ke bawah. Persis di bawah nama berhuruf warna merah muda ini, ada kata-kata, Uch…Seru…!!!

Rindu Suciningrum Tarunanegara, begitu nama si pemilik blog itu. Di blog miliknya itu, gadis yang biasa disapa Chesya atau Rindu Chesya ini, banyak memajang tulisannya. Tentang banyak hal, termasuk curahan hati. Selain berbagi tips, juga tentang banyak hal, menurut versinya.

Chesya mengenal internet sejak duduk di bangku sekolah dasar. Tapi kala itu belum punya minat dengan dunia ini. Ketidakminatannya ini berlanjut hingga menjadi mahasiswi di sebuah perguruan tinggi di Banjarmasin. Padahal, banyak temannya kerap minta kepadanya alamat email atau akun friendster.com (FS).

Kala itu, sekitar tahun 2004, saat FS sedang ngetop-ngetop-nya. Alhasil, karena tidak punya alamat email dan akun FS, setiap kali ada yang menanyakan, ia selalu mengalihkan pembicaraan. Takut dibilang gagap teknologi, karena gengsi ia mencoba mengenal internet.

Awalnya, ia minta tolong temannya dibuatkan email. Tapi karena lama tidak diutak-atik, alamat email itu tidak bisa lagi digunakan. Kemudian dengan pengetahuan seadanya, ia belajar membuat email dan bisa. Dilanjutkan membuat akun FS dan blog yang disediakan layanan jaringan sosial ini.

Di blog pertamanya ini, ia banyak memajang tulisannya. Ternyata banyak teman yang menyukai tulisannya, sehingga membuatnya bangga dan bertambah semangat menggiati blog. Kini ia punya empat blog pribadi. Tapi karena kesibukan, hanya satu yang betul-betul diurusinya, chesya31.wordpress.com

Menurut Chesya, di blog miliknya, ia lebih suka memajang karyanya, termasuk tulisan. Tapi, ia kini memajang sebuah cerita pendek milik orang lain di sebuah blog miliknya. Alasannya, cerpen berjudul “Karena Gue Gemini” itu sangat bagus dan banyak kesamaan dengan dirinya.

Jadi penggiat dan memiliki blog, menurutnya banyak manfaat. Dengan blog, ia mengasah bakat menulis, menumpahkan ide-ide, menghilangkan stres dan mengisi waktu luang. Serta, blog membuatnya banyak memiliki teman. Bagi orang lain yang mengunjungi blognya, kata Chesya, bisa dapat pengetahuan baru, terhibur karena tulisan-tulisannya mewakili perasaan mereka. Kemudian dapat tips bermanfaat.

“Kata sebagian dari mereka, setelah baca tulisan-tulisanku, mereka dapat inspirasi baru. Misalnya, menggunakan kata-kata puitis karya aku untuk pasangan mereka,” ujar Chesya.

Meski mengaku senang memiliki blog, Chesya kadang merasa kerepotan. Salah satunya karena banyaknya komentar terhadap tulisan. Ini membuatnya merasa kewalahan menjawab. Tapi ia tetap berusaha menikmati itu semua.

***

Blog merupakan singkatan dari weblog. Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik, isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini, biasanya bisa diakses semua pengguna internet, sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (wikipedia.org).

***

Dulu, orang berkomunikasi dari mulut ke mulut, kemudian berkembang menggunakan kertas, dan selanjutnya ada alternatif lain yaitu mengunakan media, baik cetak maupun eletronik. Sekarang, alternatif berkomunikasi bertambah seiring perkembangan teknologi internet.

Internet menjelma menjadi media baru untuk memasarkan apapun yang diinginkan. Dari promosi barang hingga ide. Seiring itu, berkembang pula blog. Ada banyak penyedia layanan blog gratis. Pembuatannya terbilang mudah. Cukup mengisi aplikasi pendaftaran dan mengikuti petunjuk selanjutnya, seseorang bisa memiliki blog pribadi. Dengan blog, pemilik bisa memajang tulisan, foto, video dan banyak hal lain miliknya atau orang lain.

Kini, banyak blogger yang membentuk komunitas. Seperti sekumpulan blogger di Banjarmasin dan Banjarbaru yang membentuk Komunitas Kayuh Baimbai (KKB) dengan blog mereka, kayuhbaimbai.org.

Menurut ketuanya, Harie Insani Putra, komunitas yang dibentuk sejak 20 Januari 2008 ini, kini sudah memiliki sekitar 80-an anggota. Itu tidak termasuk blogger yang ingin bergabung namun belum sempat kopi darat (kopdar) atau berkumpul, sebagai salah satu syarat keanggotaan. Setiap mereka yang ingin bergabung di komunitas ini, wajib untuk kopdar. Kalau tidak belum diresmikan jadi anggota.

Menurutnya, kopdar rutin dilakukan komunitas satu kali dalam sebulan. Kegiatan ini supaya lebih saling memahami aturan main menjadi blogger agar tidak berdampak negatif ke masyarakat luas, dan ajang mempererat persaudaraan.
“Minimal satu kali harus pernah mengikuti. Ini agar pengurus dan anggota lainnya, mengetahui calon anggota itu,” kata Harie.

Menurut Harie, pembentukan komunitas ini bertujuan memudahkan komunikasi blogger di Kalsel, untuk memasyarakatkan penggunaaan blog ke masyarakat. Selain itu, juga bertujuan menepis pandangan salah masyarakat terhadap internet, sebagai media berdampak negatif. Seperti pornografi, pembajakan hak cipta, hingga membuat kecanduan game on-line. “Karena dampak positif internet justru lebih besar dibanding negatifnya,” kataHarie.

Bahkan, ujar Harie, dengan blog bisa menghasilkan uang. Memang untuk menghasilkan uang melalui blog atau internet, perlu kesabaran dan banyak mencoba, seperti yang dilakukannya. Ia hingga kini bisa menghasilkan uang dari aktivitasnya s ebagai penggiat blogger.

Namun, kegiatan menghasilkan uang ini, tidak diagendakan khusus dalam KKB. Tapi, secara personal, Harie mengaku, selalu berbagi pengetahuan bagaimana menghasilkan uang dari kegiatan ini. Misalnya, saat bertemu kopdar atau melalui hubungan di dunia maya.

Sebagai komunitas pertama yang terbentuk di Kalsel dan kini punya dua sub komunitas, selain manfaat personal, dengan blog dan komunitasnya, para blogger di KKB, juga ingin berpartisipasi mengenalkan banua ini ke masyarakat luas. Baik keanekaragaman pariswisatanya, budaya dan potensi yang dimiliki.

Tidak ada komentar: